Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

BISNIS DAUN PISANG UNTUK MEMENUHI KEBUTUHAN KELUARGA

 


DAUN PISANG BISA JADI CUAN

Salah satu daun yang memiliki banyak manfaat bagi keberlangsungan hidup manusia dan makluk lainnya adalah daun pisang. Selayaknya buah, dan jantung pisang yang bisa dikonsumsi. Ternyata daun pisang memilki banyak manfaat mulai dipakai sebagai menu makanan, kue, maupun sebagai pelengkap cita rasa makanan. Daun pisang telah digunakan berabad-abad lamanya di kepulauan Indonesia. Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, tidaklah mudah. Kita harus membanting tulang mencari nafkah demi bertahan hidup. Di Indonesia, umumnya masyarakat Indonesia masih hidup dalam kemiskinan. Banyak penelitian menunjukkan bahwa di Indonesia sebagian masyarakat masih sulit memenuhi kebutuhan sehari-hari. Nah, jika Anda adalah satu dari banyak orang yang merasakan hal demikian, artikel atau tulisan ini akan membahas mengulas bagaimana caranya Anda bisa memanfaatkan apa saja yang bisa dijadikan uang, salah satunya memanfaatkan daun pisang. 


Bagi mereka yang hidup di kampung yang mungkin kesulitan ekonomi, menjual daun pisang merupakan solusi sederhana untuk memenuhi kebutuhan ekonomi keluarga dengan menhasilkan cuan dengan memperdagangkannya. Untuk memperoleh daun pisang, tentu bisa kita dapatkan dari hasil menanam pohon pisang. Jika, anda memiliki lahan yang cukup luas di pekarangan rumah anda atau halaman rumah Anda. Manfaatkan halaman tersebut untuk menanam pohon pisang. Atau jika anda memiliki lahan besar di tanah anda coba menanam pisang. 


PROSPEK DAUN PISANG

Ingat bahwa ketika menanam pisang, bagian pertama yang akan muncul pada tanaman ini adalah daunnya. Artinya, pohon pisang akan menghasilkan cuan pertama kali dari daun pisang. Hebat bukan! Jadi, coba menjadi seorang penjual daun pisang. Di pasar-pasar kita akan melihat daun pisang banyak di jual dengan harga berkisar Rp. 3.000 – Rp. 10.000 rupiah. Ada banyak orang yang membutuhkan daun pisang, mulai dari usaha kue atau toko kue, rumah makan, restoran bahkan keperluan sehari-hari khususnya dari kalangan ibu rumah tangga. Manfaatkan kesempatan yang ada di daerah Anda. Coba amati di daerah Anda, jika anda tinggal di kampung yang jauh dari pusat kota, coba cek siapa saja di kampung atau desa anda yang membutuhkan daun pisang. 

Biasanya, di kampung-kampung atau pedesaan, produksi kue rumahan membutuhkan daun pisang seperti kue bakpau, teba (tepung barapen), kue nasi, dan lain sebagainya. Di kota-kota biasanya terdapat banyak warung makan seperti rumah makan padang yang selalu menggunakan daun pisang. Bahkan restoran-restoran besar pun memerlukan daun pisang. Daun pisang juga digunakan untuk menjernihkan dan mengharumkan minyak kelapa. Selain itu, daun pisang di pakai dalam prosedur medis, ketika seseorang terkena luka bakar, daun pisang di pakai agar mengurangi sakitnya luka bakar. Anda bisa mendatangi puskesmas, rumah sakit tempat anda tinggal untuk menawarkan daun pisang jika pihak rumah sakit membutuhkan.  

Ada banyak orang di dunia ini yang meraup keuntungan dari bisnis atau menjual daun pisang, tentu peluang untuk berbisnis daun pisan, buah pisang dan jantung pisang masih terbuka lebar bagi masyarakat yang sumber pendapatkan sehari-harinya kecil.  Saya mau menceritakan pengalaman singkat saya, suatu ketika di rumah beras habis, saya kebingungan apa yang harus saya jual dalam waktu singkat agar bisa membeli beras. Saya pun mengelilingi pekarangan rumah, kebetulan memang di halaman rumah saya banyak terdapat pohon pisang. Saya pun segera menurunkan daun-daunnya, memotong, kemudian menggulungnya lembar per lembar dan langsung mencari pasaran. Tempat saya tinggal terdapat beberapa rumah makan padang. Saya langsung ke sana dengan membawa satu karung penuh berisi daun pisang. Ternyata, rumah makan selalu membutuhkan daun pisang, saya pun melakukan transaksi di saat itu. Dengan mendapat Rp. 38.000 ribu rupiah. Akhirnya, saya bisa membeli beras untuk konsumsi keluarga saya. Itu sepenggal kisah saya tentang bagaimana daun pisang bisa membantu perekonomian keluarga. Dari pengalaman ini saya memutuskan untuk menanam sebanyak mungkin pisang. 

Di Negara-negara berkembang daun pisang bahkan di manfaatkan dalam karya-karya seni, tas, pakaian dan di olah dalam beragam bentuk. Jadi, jelas bahwa daun pisang sungguh hebat karena memiliki manfaat bagi manusia. Jadi, saya biasanya menyebut daun pisang itu “daun dollar” karena memiliki prospek bisnis yang masih laku di masa lalu hingga masa kini. Daun pisang masih menjanjikan di Indonesia. Satu pohon pisang saja bisa menghasilkan ratusan ribu rupiah, mulai dari menjual daunya, jatung pisangnya dan menjual buahnya. Jatung pisang biasanya di masak jadi sayur sedangkan buahnya bisa diola dalam beragam bentuk kuliner mulai dari kue, es buah, keripik dan makanan lainnya. 

Jadi, tunggu apalagi kalau bukan dari sekarang kapan lagi. Saatnya Anda bangkit dari keterpurukan anda, bangkit dari mimpi anda dan bangkit dari tidur anda untuk bekerja keras dan menghasilkan. Jika, Anda bekerja keras dan manfaatkan peluang yang anda tidak soal kondisi ekonomi anda, yakinlah bahwa berkat itu pasti akan menanti anda jika mau bekerja dan tidak malas-malasan.

Post a Comment for "BISNIS DAUN PISANG UNTUK MEMENUHI KEBUTUHAN KELUARGA"